Saturday, June 7, 2008

PENGENALAN DELPHI



1.1 Pengertian Delphi
Delphi  adalah suatu bahasa pemograman (development language) yang digunakan
untk merancang suatu aplikasi program.

a.  Kegunaan Delphi
     1. untuk membuat aplikasi windows
     2. Untuk merancang aplikasi program berbasis grafis
     3. Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server)
     4. Untuk merancang program  .Net (berbasis internet)

b. Keunggulan Delphi 
1. IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan  pengembangan
aplikasi  sendiri  adalah  satu  dari  beberapa  keunggulan  delphi,  didalamnya
terdapat menu – menu  yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek
program.
2.    Proses  Kompilasi  cepat,  pada  saat  aplikasi  yang  kita  buat  dijalankan  pada
Delphi,  maka  secara  otomatis  akan  dibaca  sebagai  sebuah  program,  tanpa
dijalankan terpisah.
3.    Mudah  digunakan,  source  kode  delphi  yang  merupakan  turunan  dari  pascal,
sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi.
4.   Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan
untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.

 c.  Sejarah Borland Delphi 
1.   Delphi versi 1 (berjalan pada windows 3.1 atau windows 16 bit)
2.   Delphi versi 2 (Berjalan pada windows 95 atau delphi 32 bit)
3.    Delphi  versi  3  (berjalan  pada    windows  95  keatas  dengan  tambahan  fitur
internet atua web)
4.   Perkembangan selanjutnya diikuti dengan Delphi versi 4, 5  dan 6.
5.    Versi  terkini  dari  delphi  adalahversi  7  dengan  tambahan  vitur  .net    dengan
tambahan file XML

1.2.  OOP (Object Oriented Programming)
OOP   adalah   metode   pemograman   dengan   membentu   sebuah   aplikasi   yang
mendekati keadaan dunia  yang sesungguhnya. Hal itu bisa dilakukan dengan cara
mendisain object untuk menyelesaikan masalah.

a.   Tiga unsur OOP 
1.  Encapsulation atau pemodelan 
Encapsulation  adalah  konsep  penggabungan  data  dengan  operator.  Dalam
konsep  pemodelan  data  dan  operasi  menjadi  satu  kesatuan  yang  disebut
object.   Encapsulation   juga   disebut   dengan   penyembunyian   informasi
(information hiding)

      Contoh = ketika kita menyalakan sebuah TV kita tidak tahu apa yang terjadi
dengan  proses  dan  percakapan  antar  alat  yang  berhubungan
dengan  TV  tersebut  sehingga  mampu  menampilkan  sebuah
gambar.
Atau     =  ketika  melakukan klik pada subuah object dalam suatu aplikasi
program  kita  tidak  tahu  apa  yang  dilakukan  program  sehingga
ditampilkan hasil yang sesuai.
      Catatan   =   dari   dua   contoh   kasus   tersebut   terdapat   kesamaan   proses
mengenai  information  hiding  yang  tidak  diketahui  oleh  user  sampai  hasil
ditampilkan.

b.   Inheritance atau penurunan 
Inherintance  adalah sebuah object yang dapat diturunkan menjadi object yang
baru dengan tidak menghilangkan sifat asli dari object tersebut.
Contoh  =  TV  merupakan  salah  satu  media  elektronik  yang  dgunakan  untuk
menampilkan  gambar  dengan  tujuan  untuk  memberikan  informasi
kepada  konsumen.  Secara  umum  TV  memunyai  cara  kerja  yang
sama  dengan  media  elektronik  yang  lain  dlam  proses  penyampaian
informasi,    tetapi    mempunyai    sifat    yang    unik    yang    dapat
membedakan dengan media electronik yang ada.
Atau      =  Dalam aplikasi program kita sering menggunakan command button,
untuk beberapa perintah yang berbeda.

c.  Polymorphism atau Polimorfisme 
Polymorphism  merupakan  penggunaan  berbagai  macam  object  yang  berbeda
tetapi  secara  fungsi  bergantung  pada  satu  object  sebagai  induk,  dengan  cara
pelaksanaan  yang berbeda – beda.
Contoh      =  TV  dan  radio  adalah  media  electronik  yang  mempunyai  sistem
yang  sama  tentang  bagaimana  meyebarkan  suatu  informasi,  tetapi
cara kerja dari masing – masing sistem pasti berbeda.
Atau  Object Simpan dan Update adalah icon yang berasal dari induk yang sama yaitu
, command button tetapi cara kerja tersebut berbeda – beda.

1.3.   Delphi dan OOP  (Object Oriented Programming)
Secara  default  ketika  kita  merancang  suatu  aplikasi  program,  mau  tidak  mua  dan
tanpa  kita  sadari  bahwa  kita  telah  menerapkan  OOP,  walupun  secara  teori  kita
kurang memahami OOP dalam arti yang sebenarnya.
Contoh  sederhananya    adalah  ketika  kita  merancang  suatu  form    (Tform1)  baru,
sadar atau tidak sebenarnya form yang kita aktifkan merupakan turunan dari Tform
sebagai  induknya  atau  ketika  kita  mengaktikan  button  pada  form  merupakan
turunan dari tbutton.

Atau  Contoh  dalam  bahasa  program  adalah  sebagai  berikut  =  ketika  merancang  suatu
label di form secara otomatis delphi akan menuliskan label tersebut dalam jendela
code editor tentang turunan dari label tersebut.
Type
        Tform = class(tform)
                 Label1 = tlabel
        End;

1.4. IDE DELPHI 
a.   langkah – langkah mengaktifkan Delphi 
a. Klik start
b. pilih  program Files
c. pilih  Borland Delphi
d. pilih dan klik  Delphi 7

b.   Jendela Utama Delphi

Gambar 1.1 Jendela Utama Delphi 

c.   Bagian – bagian dari Jendela Delphi 
1.   Object Tree View 
Merupakan  sebuah  diagram  pohon  yang  menggambarkan  hubungan  logis
menghubungkan   semua   komponen   yang   terdapat   dalam   suatu   proyek
program.  Komponen  tersebut  meliputi  form,  modul  atau  frame.  Fungsinya
digunakan  untuk  menampilkan  seluruh  daftar  komponen  program  dalm
sebuah aplikasi program sesuai dengan penempatnnya.

Gambar 1.2 Jendela Object  Tree View 
2.   Object Inspector 
Merupakan jendela yang digunakan utnuk mengatur tampilan komponen pada
form,  misal  bagaimana  mengubah  tulisan  button  pada  command  button
menjadi  Simpan,  atau  menghapus  tulisan  pada  label  dan  mengganti  nama
menjadi  Nama  Mahasiswa  atau  memberikan  perintah  tertentu  pada  sebuah
komponen sehingga ada interaksi ketika program dijalankan..
Secara Umum Object Inspector terbagi menadi 2, yaitu =
a.   Properties
Digunakan  untuk  mengatur  tampilan  pada  sebuah  komponen  baik  itu
meliputi penggantian nama, warna, jenis huruf, border dan lain –lain.

Gambar 1.3 Jendela Inspector  (properties) 

b.   Events 
Merupakan jendela properties yang digunakan untuk memberikan fungsi
yang lebih detail dari fungsi sebenarnya. Misalnya ketika tombol Simpan
di klik maka program akan menjalankan perintah penyimpanan data. Dari
kalimat  tersebut  ada  event  clik  untuk  mengeksekusi  sebuah  tombol
simpan.  Perintah  event  clik  tersebut  dapat  diberikan  melalui  jendela
events.

  Gambar 1.4. Jendela Events pada Object Inspector   

3.    Form Designer 
Merupakan tempat yang digunakan untuk merancang semua aplikasi program
yang diambil dari komponen pallete.

Gambar 1.5. Jendela Form Designer 
4.   Component Pallete 
Merupakan  kumpulan icon yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi
pada  untuk membentuk sebuah aplikasi user interface.
Dalam komponen pallete semua icon dikelompokan dalam berbagai
komponen sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.


Gambar 1.6. Jendela Komponen Pallete 




5.   Code Editor 
Bagian  dari  delphi  yang  digunakan  untuk  menuliskan  kode  program.  Pada
bagian code editor terdapat  3 bagian utama yaitu = bagian paling kiri yang
berisi  berupa  angka  menunjukan  baris  dan  kolom.  Keterangan  modified
menunjukan  bahwa  telah  terjadi  modifikasi  terhapap  baris  program.  Dan
paling  kanan  menunjukan  status  keyboard  tentang  tombol  insert  atau  over
write.

Gambar 1.7 Jendela Code Editor 
6.   Code Explorer 
Jendela  yang  digunakan  untuk  menampilkan  seluruh  variabel,  type,  dan
rountine yang didefinisikan pada sebuah unit.

Gambar 1.8. Jendela Code Explorer 

7.   Code Diagram 
Merupakan  fasilitas  pada  delphi  yang  digunakan  untuk  mendesain  sebuah
diagram atas komponen – komponen yang digunakan dalam seatu rancangan
aplikasi.

Gambar 1.9. Jendela Code Diagram 
d.    Proyek Delphi 
1.   File Proyek 
File  ini  disimpan  dengan    ber-ekstenion  .dpr.  File  ini  berisi  informasi
mengenai seluruh proyek program
2.   File Unit 
File ini merupakan  kumpulan dari barisan kode program  yang terdapat di
jendela code editor, baik itu yang dituliskan oleh progremmer maupun oleh
system. Extention file ini adalah . pas
File Unit dibagi menjadi 2
a.   Bagian Interface
Barisan ini dimulai dari kata Interface (setelah nama unit), berisi seluruh
deklarasi variabel, tipe data object maupun deklarasi tambahan.
b.   Bagian Implementation
Dimulai dari kata kunci implementation  dan diakhiri dengan kata end.
Fungsi  digunakan  untuk  menuliskan  kode  program  sebagai  bagain  dari
interaksi antar komponen ataupun dengan user.

3.   File Form 
Berisi  tentang  seluruh  informasi  yang  ada  kaitannya  dengan  form  yang
dibuat,   meliputi   tinggi,   lebar,   pososi   form   atau   tentang   komponen
didalmnya.  Penggunaan  file  ini  tidak  dianjurkan  karena  untu  pengaturan
sudah   disediakan   object   inspector     sebagai   media   pengaturan   semua
komponen.

Sampai disini mudah-mudahan temen-temen easydelphi semua sudah mengenal Delphi, selanjutnya kita membuat program latihan kita yang pertama.
Tapi besok aza lagi sekarang ane ngantuk bro,,,,

Lanjut ke Latihan Program 1




ads

Ditulis Oleh : Igovic Hari: 2:25 PM Kategori:

0 comments: