1.1 Pengertian Delphi
Delphi adalah suatu bahasa pemograman (development language) yang digunakan
untk merancang suatu aplikasi program.
a. Kegunaan Delphi
1. untuk membuat aplikasi windows
2. Untuk merancang aplikasi program berbasis grafis
3. Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server)
4. Untuk merancang program .Net (berbasis internet)
b. Keunggulan Delphi
1. IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan
aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya
terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek
program.
2. Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada
Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa
dijalankan terpisah.
3. Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal,
sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi.
4. Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan
untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.
c. Sejarah Borland Delphi
1. Delphi versi 1 (berjalan pada windows 3.1 atau windows 16 bit)
2. Delphi versi 2 (Berjalan pada windows 95 atau delphi 32 bit)
3. Delphi versi 3 (berjalan pada windows 95 keatas dengan tambahan fitur
internet atua web)
4. Perkembangan selanjutnya diikuti dengan Delphi versi 4, 5 dan 6.
5. Versi terkini dari delphi adalahversi 7 dengan tambahan vitur .net dengan
tambahan file XML
1.2. OOP (Object Oriented Programming)
OOP adalah metode pemograman dengan membentu sebuah aplikasi yang
mendekati keadaan dunia yang sesungguhnya. Hal itu bisa dilakukan dengan cara
mendisain object untuk menyelesaikan masalah.
a. Tiga unsur OOP
1. Encapsulation atau pemodelan
Encapsulation adalah konsep penggabungan data dengan operator. Dalam
konsep pemodelan data dan operasi menjadi satu kesatuan yang disebut
object. Encapsulation juga disebut dengan penyembunyian informasi
(information hiding)
Contoh = ketika kita menyalakan sebuah TV kita tidak tahu apa yang terjadi
dengan proses dan percakapan antar alat yang berhubungan
dengan TV tersebut sehingga mampu menampilkan sebuah
gambar.
Atau = ketika melakukan klik pada subuah object dalam suatu aplikasi
program kita tidak tahu apa yang dilakukan program sehingga
ditampilkan hasil yang sesuai.
Catatan = dari dua contoh kasus tersebut terdapat kesamaan proses
mengenai information hiding yang tidak diketahui oleh user sampai hasil
ditampilkan.
b. Inheritance atau penurunan
Inherintance adalah sebuah object yang dapat diturunkan menjadi object yang
baru dengan tidak menghilangkan sifat asli dari object tersebut.
Contoh = TV merupakan salah satu media elektronik yang dgunakan untuk
menampilkan gambar dengan tujuan untuk memberikan informasi
kepada konsumen. Secara umum TV memunyai cara kerja yang
sama dengan media elektronik yang lain dlam proses penyampaian
informasi, tetapi mempunyai sifat yang unik yang dapat
membedakan dengan media electronik yang ada.
Atau = Dalam aplikasi program kita sering menggunakan command button,
untuk beberapa perintah yang berbeda.
c. Polymorphism atau Polimorfisme
Polymorphism merupakan penggunaan berbagai macam object yang berbeda
tetapi secara fungsi bergantung pada satu object sebagai induk, dengan cara
pelaksanaan yang berbeda – beda.
Contoh = TV dan radio adalah media electronik yang mempunyai sistem
yang sama tentang bagaimana meyebarkan suatu informasi, tetapi
cara kerja dari masing – masing sistem pasti berbeda.
Atau Object Simpan dan Update adalah icon yang berasal dari induk yang sama yaitu
, command button tetapi cara kerja tersebut berbeda – beda.
1.3. Delphi dan OOP (Object Oriented Programming)
Secara default ketika kita merancang suatu aplikasi program, mau tidak mua dan
tanpa kita sadari bahwa kita telah menerapkan OOP, walupun secara teori kita
kurang memahami OOP dalam arti yang sebenarnya.
Contoh sederhananya adalah ketika kita merancang suatu form (Tform1) baru,
sadar atau tidak sebenarnya form yang kita aktifkan merupakan turunan dari Tform
sebagai induknya atau ketika kita mengaktikan button pada form merupakan
turunan dari tbutton.
Atau Contoh dalam bahasa program adalah sebagai berikut = ketika merancang suatu
label di form secara otomatis delphi akan menuliskan label tersebut dalam jendela
code editor tentang turunan dari label tersebut.
Type
Tform = class(tform)
Label1 = tlabel
End;
1.4. IDE DELPHI
a. langkah – langkah mengaktifkan Delphi
a. Klik start
b. pilih program Files
c. pilih Borland Delphi
d. pilih dan klik Delphi 7
b. Jendela Utama Delphi
Gambar 1.1 Jendela Utama Delphi
c. Bagian – bagian dari Jendela Delphi
1. Object Tree View
Merupakan sebuah diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis
menghubungkan semua komponen yang terdapat dalam suatu proyek
program. Komponen tersebut meliputi form, modul atau frame. Fungsinya
digunakan untuk menampilkan seluruh daftar komponen program dalm
sebuah aplikasi program sesuai dengan penempatnnya.
Gambar 1.2 Jendela Object Tree View
2. Object Inspector Merupakan jendela yang digunakan utnuk mengatur tampilan komponen pada
form, misal bagaimana mengubah tulisan button pada command button
menjadi Simpan, atau menghapus tulisan pada label dan mengganti nama
menjadi Nama Mahasiswa atau memberikan perintah tertentu pada sebuah
komponen sehingga ada interaksi ketika program dijalankan..
Secara Umum Object Inspector terbagi menadi 2, yaitu =
a. Properties
Digunakan untuk mengatur tampilan pada sebuah komponen baik itu
meliputi penggantian nama, warna, jenis huruf, border dan lain –lain.
Gambar 1.3 Jendela Inspector (properties)
Merupakan jendela properties yang digunakan untuk memberikan fungsi
yang lebih detail dari fungsi sebenarnya. Misalnya ketika tombol Simpan
di klik maka program akan menjalankan perintah penyimpanan data. Dari
kalimat tersebut ada event clik untuk mengeksekusi sebuah tombol
simpan. Perintah event clik tersebut dapat diberikan melalui jendela
events.
Gambar 1.4. Jendela Events pada Object Inspector
Merupakan tempat yang digunakan untuk merancang semua aplikasi program
yang diambil dari komponen pallete.
Gambar 1.5. Jendela Form Designer
4. Component Pallete Merupakan kumpulan icon yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi
pada untuk membentuk sebuah aplikasi user interface.
Dalam komponen pallete semua icon dikelompokan dalam berbagai
komponen sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.
Gambar 1.6. Jendela Komponen Pallete
5. Code Editor
Bagian dari delphi yang digunakan untuk menuliskan kode program. Pada
bagian code editor terdapat 3 bagian utama yaitu = bagian paling kiri yang
berisi berupa angka menunjukan baris dan kolom. Keterangan modified
menunjukan bahwa telah terjadi modifikasi terhapap baris program. Dan
paling kanan menunjukan status keyboard tentang tombol insert atau over
write.
Gambar 1.7 Jendela Code Editor
6. Code Explorer Jendela yang digunakan untuk menampilkan seluruh variabel, type, dan
rountine yang didefinisikan pada sebuah unit.
Gambar 1.8. Jendela Code Explorer
7. Code Diagram
Merupakan fasilitas pada delphi yang digunakan untuk mendesain sebuah
diagram atas komponen – komponen yang digunakan dalam seatu rancangan
aplikasi.
Gambar 1.9. Jendela Code Diagram
d. Proyek Delphi 1. File Proyek
File ini disimpan dengan ber-ekstenion .dpr. File ini berisi informasi
mengenai seluruh proyek program
2. File Unit
File ini merupakan kumpulan dari barisan kode program yang terdapat di
jendela code editor, baik itu yang dituliskan oleh progremmer maupun oleh
system. Extention file ini adalah . pas
File Unit dibagi menjadi 2
a. Bagian Interface
Barisan ini dimulai dari kata Interface (setelah nama unit), berisi seluruh
deklarasi variabel, tipe data object maupun deklarasi tambahan.
b. Bagian Implementation
Dimulai dari kata kunci implementation dan diakhiri dengan kata end.
Fungsi digunakan untuk menuliskan kode program sebagai bagain dari
interaksi antar komponen ataupun dengan user.
3. File Form
Berisi tentang seluruh informasi yang ada kaitannya dengan form yang
dibuat, meliputi tinggi, lebar, pososi form atau tentang komponen
didalmnya. Penggunaan file ini tidak dianjurkan karena untu pengaturan
sudah disediakan object inspector sebagai media pengaturan semua
komponen.
Sampai disini mudah-mudahan temen-temen easydelphi semua sudah mengenal Delphi, selanjutnya kita membuat program latihan kita yang pertama.
Tapi besok aza lagi sekarang ane ngantuk bro,,,,
Lanjut ke Latihan Program 1
0 comments:
Post a Comment